Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan


      Assalamu'alaikum sobat SINSIN, pada kali ini SINSIN akan membahas materi pertumbuhan dan perkembangan  tumbuhan nihh. Materi biologi kelas XII ini di mulai dengan pembahasan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan nih sobat. Langsung saja disimak, ettss jangan lupa Bismillah dulu yah...




      Sobat SINSIN kita mulai pembahasan kita dengan pengertian dari pertumbuhan dan perkembangan ya sobat.

  • Pengertian Pertumbuhan 
Pertumbuhan adalah proses pertambahan volume sel dan jumlah sel secara irreversible (tidak dapat balik kedalam keadaan semula).Pertumbuhan ini dapat diukur secara kuantitatif sobat.Alat yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan tanaman yaitu auksanometer.



  • Pengertian Perkembangan 
Perkembangan adalah proses menuju kedewassan melalui proses spesialisasi sel yang memiliki struktur dan fungsi tertentu sobat. Perkembangan berbeda dengan perkembangan sobat, perkembangan tidak dapat diukur namun dapat dilihat dengan adanya perubahan bentuk dan tingkat kedewasaan.

  • Proses Pertumbuhan dan perkembangan 
Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dimulai dari perkecamabahn biji (Radikula) tumbuh menjadi akar dan plumula tumbuh menjadi batang dan daun. Perkecambahan dimulai dari proses Imbibisi yaitu proses penyerapan air oleh biji. Sobat berikut ini adalah skema pertumbuah dan perkembangan tumbuhan .



  • Tipe Perkecambahan
Sobat semua dalam tumbuhan terdapat dua macam tipe perkecambahan. Pertama tipe epigeal yaitu dimana hipokotil tumbuh memanjang sehingga pulmula dan kotiledon muncul ke permukaan tanah contohnya pada perkecambahan tumbuhan kacang hijau. Sedangkan yang kedua sobat, tipe hipogeal yaitu epikotil tumbuh memanjang sehingga plumula muncul ke permukaan tanah namun kotiledon tetap berada di dalam tanah contohnya pada perkecambahan kacang kapri.


  • Dua Macam Pertumbuhan
Sobat tumbuhan mengalami pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan Primer disebabkan oleh aktivitas sel-sel meristem di ujung akar dan ujung batang (meristem apikal). Pertumbuhan primer menyebabkan akar dan batang tumbuh memanjang. Sobat perlu tau nih pada ujung akar dan ujung batang terdapat tiga daerah pertumbuhan yaitu 
  1. Daerah pembelahan sel   : dibagian ujung terdiri darisel meristematis yang aktif membelah.
  2. Daerah pemanjangan sel : di belakang daerah pembelahan, sel membesar dan memanjang.
  3. daerah diferensiasi sel    : sel berdiferensiasi sehingga memiliki struktur dan fungsi khusus.



sekarang pertumbuhan sekunder sobat. Pertumbuhan sekunder disebabkan oleh aktivitas kembium pada tumbuhan dikotil dan gimnosperma. Pembelahan sel kambium ke arah luar membentuk floem sekunder dan ke arah dalam membentuk xilem sekunder. Pertumbuhan sekunder menyebankan diameter batang bertambah besar dan membentuk lingkaran tahunan.



        Alhamdulillah akhirnya selesai juga materi kali ini. Semoga bermanfaat untuk sobat semua yahh. Quotes kali ini :  " KITA TIDAK AKAN JATUH OLEH HADANGAN GUNUNG.TETAPI, KERIKIL JUSTRU YANG PALING KERAP MEMBUAT KITA JATUH TERHUYUNG " ~ Lenang Manggala .






Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL PKN : KEHAKIMAN

LENGKAP SOAL DAN PEMBAHASAN PERSAMAAN LINGKARAN

(PKN part 2) : Soal dan Jawaban Pelanggaran HAM Di Indonesia